Saturday 20 January 2018

Bahasa Inggris kelas 4 materi Personal pronoun (kata ganti orang)



Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang Personal pronoun ( kata ganti orang). Personal pronoun adalah kata ganti untuk orang atau benda. Kata ganti ini bisa ditaruh di awal kalimat atau akhir kalimat (subjek atau objek), agar lebih mudah memahaminya lihatlah tabel dibawah ini.


Subjek
Objek
Arti
I
Me
Saya, aku
He
Him
Dia ( laki-laki)
She
Her
Dia (perempuan)
It
It
Dia, nya
You
You
Kamu, anda, kalian
We
Us
Kita, kami
They
Them
Mereka


Berikut ini adalah contoh penggunaannya :

1. Penggunaan I dan me

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia I dan me memiliki arti yang sama yaitu saya , tapi memiliki fungsi yang berbeda. Dalam kalimat bahasa Inggris I digunakan sebagai kata ganti subjek orang pertama. Sedangkan me digunakan sebagai kata ganti objek orang pertama.
  • Contoh 1 : I will be very happy, if you give me some money. (Saya akan sangat senang, jika anda memberi saya uang).
  • Contoh 2 : I can hear your voice. (aku dapat mendengar suara anda).
  • Contoh 3 : Please bring these books for me. (tolong bawakan buku-buku itu untuk saya).

2. Penggunaan He dan him
 
Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia He dan him memiliki arti yang sama yaitu dia (laki-laki), tapi memiliki fungsi yang berbeda. Dalam bahasa Inggris He digunakan sebagai kata ganti subjek orang ketiga (laki-laki). Sedangkan him digunaka sebagai kata ganti objek orang ketiga (laki-laki).
  • Contoh 1 : He is my old brother, I’m very happy have a brother like him. (Dia adalah kakak laki-laki saya, saya sangat senang mempunyai kakak seperti dia).
  • Contoh 2 : He is my father. (dia adalah ayahku)
  • Contoh 3 : I met him last week. (aku bertemu dia minggu lalu).

3. Penggunaan She dan her
 
Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia She dan her memiliki arti yang sama yaitu dia (perempuan), tapi memiliki fungsi yang berbeda. Dalam kalimat bahasa Inggris She digunakan sebagai kata ganti subjek orang ketiga (perempuan). Sedangkan her digunakan sebagai kata ganti objek orang ketiga (perempuan).
  • Contoh 1 : She is a diligent student, I’m a class with her. (Dia adalah siswi yang cerdas, aku satu kelas dengan dia).
  • Contoh 2 : She is my mother. (dia adalah ibuku).
  • Contoh 3 : last month I went to beach with her. (bulan lalu aku pergi ke pantai dengan dia)

4. Penggunaan It 

Dalam kalimat bahasa Inggris It dapat digunakan sebagai subjek dan bisa juga digunakan sebagai kata ganti benda yang telah disebutkan sebelumnya agar tidak disebutkan berulang-ulang.
  • Contoh 1 : It is very delicious and I like It. (ini sangat lezat dan aku menyukai nya).
  • Contoh 2 It sebagai subjek : It is jersey of Liverpool fc. (ini adalah jersi Liverpool fc).
  • Contoh 3 It sebagai objek : I have a home but it is not too big. (saya mempunyai rumah tapi rumah itu tidak terlalu besar).

5. Penggunaan You

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia You memiliki arti kamu. Dalam kalimat bahasa Inggris You dapat digunakan sebagai subjek (orang pertama) dan objek (orang pertama).
  • Contoh 1 : You are my best friend and I’m very happy have someone like you. (Kamu adalah teman terbaikku dan aku sangat senang mempunyai seseorang seperti kamu).
  • Contoh 2 you sebagai subjek : You are inspiration of my life. (kamu adalah inspirasi hidupku).
  • Contoh 3 you sebagai objek : I think smartest student in our class is you. (aku fikir siswa paling cerdas dikelas kita adalah kamu).

6. Penggunaan We dan us 

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia we dan us mempunyai arti yang sama yaitu kita/kami, tapi mempunyai fungsi yang berbeda. Dalam bahasa inggris we digunakan sebagai kata ganti subjek (orang pertama jamak). Sedangkan us digunakan sebagai kata ganti objek (orang pertama jamak).
  • Contoh 1 : We had apologized to you but you still mad at us. (kami sudah minta maaf pada kamu tapi kamu masih marah pada kami).
  • Contoh 2 : We are a big family. (kita adalah keluarga besar).
  • Contoh 3 : You can join with us. (kamu dapat bergabung dengan kami).

7. Penggunaan They dan them
 
Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia they dan them mempunyai arti yang sama yaitu mereka, tapi mempunyai fungsi yang berbeda. Dalam bahasa Inggris they digunakan sebagai kata ganti subjek (orang ketiga jamak). Sedangkan them digunakan sebagai kata ganti objek (orang ketiga jamak).
  • Contoh 1 : They are my friends in footbal team, I always play football with them at Sunday morning. (mereka adalah teman-temanku dalam tim sepak bola, aku selalu bermain dengan mereka pada minggu pagi).
  • Contoh 2 : They are Indonesia national team players. (mereka adalah pemain tim nasional Indonesia).
  • Contoh 3 : I always happy if play with them. (aku selalu gembira jika bermain bersama mereka).


Tes hasil belajarmu di   Latihan soal materi personal pronoun

Baca juga : Artikel tentang penggunaan have dan has


EmoticonEmoticon